Ads Header

Prinsip Kerja Sistem Injeksi Materi Bakar Diesel Konvensional


Hello guys aku akan membagikan warta perihal otomotif,untuk kali ini yang aku bahas yakni tentang, prinsip kerja mesin diesel .

Mesin disel (diesel engine) merupakn salah satu bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor bensin dan turbin gas .motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compresion ignition engine) alasannya yakni penyalaan materi bakarnya diakibatkan oleh suhu kompresi udara dalam ruang bakar diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi.

    Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) materi bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. pada motor bensin adonan materi bakar dan udara melalui karburator  dimasukan kedalam silinder dan materi bakar oleh nyala listrik dari busi. pada motor diesel yang di isap oleh torak dan dimasukan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya  udara tersebut dikompresikan hingga mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa dikala sebelum torak mencapai titik mati atas (TMA) materi bakar solar di injeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka partikel-partikel materi bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk proses pembakaran. Agar materi bakar solar sanggup terbakar sendiri , maka diharapkan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi sekitar 600 derajat celcius.

 
gambar sistem materi bakar diesel konvensional

 

meskipun untuk motor diesel tidak diharapkan sistem pengapian menyerupai halnya pada motor bensin, namun dalam motor diesel diharapkan sistem injeksi materi bakar yang berupa pompa-pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta perlenkapan bantu lain.Bahan bakar yang disemprotkan harus memiliki sifat sanggup terbakar sendiri (self ignition)

Baca: Beberapa Komponen Penting Pada Sistem CDI-AC Dan Cara Kerjanya


Sekian dulu  artikel tentang  Prinsip Kerja Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel Konvensional Semoga bermanfaat!.Trima kasih!

 


Belum ada Komentar untuk "Prinsip Kerja Sistem Injeksi Materi Bakar Diesel Konvensional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel