Ads Header

Cara Cek Ribuan Link Aktif/Error Sekali Klik (404 Checker)

Cek ribuan broken link dengan mudah - Dunia maya sudah menjadi dunia kedua bagi kehidupan manusia. Manusia tak pernah lepas dengan yang namanya gadget dan internet. Dunia internet sangatlah luas. Dengan keluasan dunia internet ini, maka tiap halaman web saling terkait dengan yang namanya hyperlink atau Link.

Link ialah sebuah goresan pena pada halaman web yang mempunyai alamat / url tersembunyi di dalamnya. Link mempunyai fungsi mengalihkan atau re-direct pengakses untuk terarah ke alamat/url yang sudah di setting. Ya, benar.. Tiap halaman yang kau susukan di internet saling terkait dengan link. Apa buktinya? Yaa... Sobat semua pastinya tidak akan bsia mengakses halaman artikel ini kalau bukan alasannya link kan?

Seperti yang kita ketahui, berbagai halaman web di internet. Artinya, berbagai url atau alamat yang dapat ditambahkan kedalam sebuah link. Bila ada perubahan pada url atau halaman yang mempunyai url tersebut, link tidak akan berubah dan tetap pada alamat tujuannya. Jadi, bila website sudah dihapus atau diubah, link url tersebut yang pernah dibentuk tidak akan berubah secara otomatis.
Inilah salah satu penyebab banyaknya link mati atau broken link di internet. Bahasa kerennya 404 Error link

Untuk cek apakah link masih aktif atau tidak, caranya cukup membuka alamat situs tersebut. Bila keluar alamat web yang sesuai, maka link artinya aktif. Bila tidak, maka link artinya mati. Itu bila kita hanya akan cek 1 atau 2 link saja. Tetapi bagaimana bila ingin cek ratusan bahkan ribuan link mati atau link aktif dengan simpel dan sekali klik?

Biasanya teknik ini dipakai oleh para pencari blog zombie untuk memudahkan pencariannya. Dan juga untuk kepentingan lainnya yang berkaitan dengan mengetahui broken link lainnya.

Banyak sekali teknik 404 checker. Tetapi tutorial cek broken link yang akan aku bagikan berikut ini ialah trik yang bagi aku paling mudah. Caranya ialah dengan memakai salah satu ekstensi pada browser. Oke, jadi gimana sih cara cek link sudah mati atau masih aktif?

Sebelum memulai, kau harus memakai browser mozilla/chrome. Tetapi pada tutorial kali ini, aku memakai chrome untuk mendapat ekstensi 404 checker. Pada dasarnya tiap browser sama saja.

Trik 404 Checker, Cek broken link dengan sekali klik

Kita mulai dengan menambahkan ekstensi.
1.  Pertama, silahkan cari ekstensi Link Checker pada browser
404 Checker - Cari ekstensi

2. Silahkan tambah ekstensi yang mempunyai logo yang ada di bulat merah

Oke, ekstensi telah ditambahkan. Setelah itu, bagaimana cara memakai 404 checker ini? Caranya simpel banget.

1. Silahkan buka salah satu web yang mempunyai link untuk dicek
404 Checker -  Contoh halaman web

2. Setelah itu, klik logo Link Checker nya di belahan pojok kanan atas
404 checker - mulai link checker

3. Lalu klik Start Check kemudian tunggu hingga proses pengecekan selesai
4. Maka akan ada 2 warna pada link yang sudah dicek.
404 checker - Cek link

Keterangan: Warna hijau artinya LINK tersebut AKTIF, tetapi warna merah artinta LINK tersebut MATI

Oke.. Sekian artikel trik mengetahui link aktif dan link mati dengan 404 checker ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan tblogers semua. Terima Kasih!

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Ribuan Link Aktif/Error Sekali Klik (404 Checker)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel