Ads Header

Cara Mengatasi/Memperbaiki Memory Ram Laptop Yang Rusak Bermasalah

Cara memperbaiki memory laptop yang rusak=> Salah satu duduk kasus yang sering terjadi pada komputer atau laptop yaitu kerusakan pada unit memory atau RAM. Jika kerusakan memory ini terjadi pada komputer dekstop, biasanya ditandai dengan suara beeb panjang yang terjadi pada komputer, dan biasanya layar monitor menjadi tidak tampil alias blank.

Sedikit berbeda dengan kerusakan memory pada laptop, bahwa tanda-tanda yang sering terjadi hanya layarnya saja yang tidak tampil. Yang terperinci ini tanda-tanda yang paling umum, meskipun ada beberapa laptop yang memperlihatkan pesan lewat lampu caps lock yang berkedip-kedip ketika terjadi kerusakan pada memorynya.


Cara memperbaiki memory laptop yang rusak Cara Mengatasi/memperbaiki Memory Ram Laptop Yang Rusak Bermasalah

Gejala untuk memory yang rusak tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi. Bisa jadi layar komputer atau laptop muncul garis-garis pelangi, komputer menjadi sangat lambat, system operasi menjadi tersendat-sendat, dan bahkan sangat sulit untuk memasukkan aplikasi gres di dalam komputer. Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda perlu membaca Ciri-ciri memory ram yang mulai bermasalah.

Namun perlu diingat, bahwa tidak selamanya tanda-tanda menyerupai itu tanggapan kerusakan pada memory. Saya sering mendapat masalah bahwa kerusakan komponen komputer lainnya menyerupai processor dan mainboard juga dapat berakibat menyerupai gejala-gejala di atas.

Kaprikornus bagaimana solusinya biar mengetahui kerusakan itu benar-benar dari memory komputer? Praktis saja, gantikan memory yang rusak dengan memory lain yang masih bagus. Artinya pinjamkan saja RAM yang sejenis misal DDR 1, DDR 2, dan DDR 3. Kemudian pasang pada komputer atau laptop yang mengalami gejala-gejala kerusakan yang telah disebut sebelumnya.

Jika sesudah memory lain dipasang, kemudian laptop atau komputer berjalan normal, berarti benar bahwa tanda-tanda kerusakan yang di atas merupakan tanggapan memory yang bermasalah. Nah, kini kita kembali ke pokok bahasan kali ini. Bagaimana cara mengatasi memory laptop dan komputer yang bermasalah? Silahkan dibaca lebih lanjut..

1. Siapkan sebuah penghapus untuk membersihkan memory yang rusak. Lebih baik bila memakai penghapus yang dual fungsi, untuk pensil dan pulpen. Penghapus ini mempunyai dua warna, separuh putih dan separuhnya lagi biru. Yang biru itulah yang dipakai untuk pulpen dan mempunyai tekstur yang lebih keras. Lihat gambar di bawah.


 



2. Cabut memory dari socketnya, kemudian gosok-gosok pin-pin memory tersebut memakai penghapus yang telah disiapkan tadi sampai pin-pin memory itu higienis mengkilat.




Kemudian silahkan pasang kembali di laptop atau komputer Anda, untuk dilakukan pengetesan. Jika laptop atau komputer Anda dapat berjalan dengan normal, berarti proses membersihkan memory ini berhasil.

3. Namun bila komputer Anda masih menyerupai semula, maka lepas lagi memory tersebut dari socketnya. Kemudian bersihkan memakai tiner dan dikuas-kuas atau digosok memakai sikat gigi, untuk membersihkan bila ada karat/korosi yang terjadi pada komponen elektronik menyerupai IC dll pada memory tersebut.




4. Nah, sesudah dicuci memakai tiner, kemudian angin-anginkan memory tersebut biar mengering. Jika sudah kering, silahkan pasang kembali pada socketnya untuk dilakukan pengetesan kedua.

Bagaimana hasilnya? bila berhasil saya ucapkan selamat. Tapi bila belum berhasil, saya ucapkan Anda belum beruntung hehehe.. Kaprikornus sebaiknya ganti saja memory Anda dengan yang baru.

Baiklah, cukup sekian goresan pena wacana cara mengatasi memory komputer dan laptop yang bermasalah, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bila Anda mempunyai pengalaman memperbaiki memory, silahkan di bagi melalui komentar. Terima kasih..

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi/Memperbaiki Memory Ram Laptop Yang Rusak Bermasalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel