Ads Header

Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer

Kegunaan dan Fungsi Ccleaner=> Bicara perihal software komputer, maka tidak lengkap rasanya tanpa turut membicarakan Ccleaner, software gratis dari Piriform.Inc. Selain gratis, fungsi dan kelebihan software ini cukup diperhitungkan. Makanya jangan heran, kalau saya memasukkannya pada daftar software yang perlu diinstal di komputer atau laptop.

Anda niscaya ingin performa komputer Anda tetap terjaga bukan? Anda niscaya juga menginginkan biar komputer Anda tetap cepat bukan? Nah, di sinilah pentingnya meng-instal ccleaner, sebab software ini sanggup Anda fungsikan untuk menjawab harapan Anda tersebut. Bagaimana caranya?

 maka tidak lengkap rasanya tanpa turut membicarakan Ccleaner Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer

Jadi perlu Anda ketahui terlebih dahulu, bahwa setiap Anda menghidupkan dan menjalankan komputer, akan selalu menjadikan sampah pada komputer tersebut. Setiap aplikasi yang Anda buka, setiap browser yang Anda gunakan untuk internetan, juga selalu menjadikan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan menciptakan ruang hard disk di drive C menjadi penuh, atau menciptakan sistem operasi Anda menjadi terganggu, dan jadinya komputer Anda menjadi lambat.

Nah, dengan memakai ccleaner ini, Anda sanggup membersihkan semua itu. Tentunya dengan cara yang gampang dan simpel, sebab antar muka software ini yang sangat sederhana. Menguntungkan bukan? Bahkan masih ada lagi fungsi ccleaner lainnya, yang tentunya harus Anda ketahui semuanya. Apa semua fungsinya?


1. Cleaner
 
Seperti namanya, bahwa fitur pertama ini yakni untuk membersihkan sampah-sampah serta file history dari sistem operasi dan dari aplikasi di dalam komputer. Saya telah jelaskan juga sebelumnya, bahwa aplikasi browser menyerupai mozilla firefox, google chrome dll, itu juga menjadikan sampah, cache, dan file history yang perlu dibersihkan setiap saat.


Untuk cara penggunaannya, saya telah menuliskannya untuk Anda. Silahkan baca Cara membersihkan sampah komputer dengan software ccleaner. Tapi, sebelumnya Anda pun harus tahu bagaimana Cara Instal Software Ccleaner Terbaru ya sahabat.

2. Registry

Fitur selanjutnya yakni registry. Di mana fungsinya untuk melaksanakan scan pada registry komputer Anda, untuk mencari registry yang eror dari sisa-sisa registry aktivitas aplikasi yang telah terhapus. Nah, sehabis mendapat adanya duduk masalah pada registry, ccleaner sanggup Anda manfaatkan untuk memperbaikinya.

Baca juga: Cara scan dan memperbaiki registry windows yang eror

3. Tools
 
Pada fitur ini, terdapat beberapa sub fitur di dalamnya.

-Uninstal=> Yaitu untuk meng-uninstal atau menghapus aktivitas aplikasi yang telah terinstal di komputer Anda. Fitur ini sangat bagus, di mana Anda sanggup menentukan aktivitas yang akan dihapus, dan menjalankan uninstal hanya lewat ccleaner saja, tanpa harus masuk di "add or remove program" pada windows.

-Start Up=> Yaitu fitur yang dipakai untuk mengatur aplikasi-aplikasi apa saja, yang terload ketika start up windows berjalan. Ini juga cantik sekali, sanggup Anda gunakan untuk mematikan aktivitas aplikasi tidak penting yang seharusnya tidak perlu berjalan ketika start up windows. Itu dimaksudkan biar loading windows tidak terlalu berat.


-System Restore=> Digunakan untuk menghapus "system restore point" pada windows. Perlu Anda ketahui bahwa dalam keadaan default, "system restore" (fitur windows) telah diaktifkan oleh windows. Nah, jikalau "system restore" ini diaktifkan, otomatis "system restore" tersebut akan melaksanakan back up secara terencana terhadap system komputer Anda.


Jadi contohnya "system restore" memback up system Anda pada hari ini, kemudian besok software komputer Anda mengalami eror, Anda sanggup memakai "system restore" di windows tersebut untuk mengembalikan komputer menyerupai hari ini, ketika belum terjadi eror.


Dan yang perlu Anda ketahui lagi, bahwa hasil back up dari "system restore" yang disimpan di komputer inilah yang disebut "system restore point". Semakin banyak "system restore point" yang ditumpuk oleh windows, tentunya semakin membebani komputer Anda. Baca Juga: 


Di sinilah diperlukannya ccleaner, dengan fiturnya "system restore", sanggup dipakai untuk menghapus "system restore point" di dalam komputer Anda.

-Drive wiper=> yakni fitur yang dipakai untuk membersihkan file-file yang telah terhapus, biar tidak sanggup dikembalikan lagi memakai software recovery.

Hal ini dilakukan, sebab setiap Anda menghapus file di dalam komputer Anda, Secara default windows hanya akan menghapus alamat di mana file tersebut disimpan. Sehingga yang sebetulnya terjadi yakni file tersebut masih ada di dalam hard disk Anda, dan akan terhapus atau tertimpa jikalau Anda memasukkan file gres di dalam hard disk tersebut.

Mengapa perlu membersihkan data yang telah terhapus? Hanya untuk keamanan Anda saja. Bisa jadi data tersebut sangat besar nilainya bagi Anda, dan Anda tidak ingin data tersebut diketahui orang lain.

Note : Pada potongan wipe terdapat dua pilihan, yaitu Free Space Only dan Entire Drive (All Data will be erased). Pilih "free space only" jikalau Anda hanya ingin mengosongkan (me-wipe) ruang yang kosong saja. Pilih "entire drive" jikalau Anda ingin menghapus seluruh file dalam satu drive/partisi di hard disk dan ini pernah saya baca tidak sanggup direcovery lagi.


4. Options
 
Pada potongan option ini, terdapat sub hidangan lagi. Salah satu yang akan saya jelaskan yakni fitur "cookies". Dengan adanya fitur ini, Anda sanggup membersihkan Cookie yang berasal dari aplikasi browser Anda.

Yang jelas, begitu berbagai fungsi ccleaner yang sanggup Anda manfaatkan. Dan saya sendiri suka memakai software ini, sebab selain freeware alias gratis, software ini sangat ringan dan tidak terlalu membebani komputer. Jika dipakai untuk menjalankan fungsinya pun, kerja software ini cukup cepat.


Nah, dari ulasan ini sanggup disimpulkan bahwa ccleaner yakni suatu software gratis dari piriform, yang sangat penting dan mempunyai kegunaan untuk menjaga sistem komputer biar optimal dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Baiklah, saya rasa cukup sekian goresan pena sederhana ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Seperti biasa jikalau ada kekurangan, mohon ditambahkan melalui komentar. Terima kasih telah sudi berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel