Ads Header

Berhasil Memperbaiki Laptop Asus X401u Yang Panas Eksklusif Mati

Di pagi yang sedikit mendung ini, saya hanya ingin sedikit bergagi goresan pena wacana keberhasilan saya memperbaiki laptop asus x501u yang jikalau panas eksklusif mati. Sahabat yang ingin berguru servis komputer, silahkan dibaca hingga tuntas biar ilmu Anda bertambah sedikit demi sedikit.

Sebelumnya saya mohon maaf, di sini bukan bermaksud menggurui lo ya, atau pamer kehebatan atau apalah. Yang jelas, saya hanya ingin membuatkan dan mengajak Anda untuk berguru bersama. Tidak ada kata guru atau murid di sini. Yang ada, kita yakni tim yang saling bekerja sama untuk belajar komputer. Cuap-cuap telah selesai he he

Jadi ceritanya beberapa hari kemudian saya diberi kiprah oleh manager daerah saya bekerja untuk memperbaiki laptop asus tipe X401U. Masalahnya yakni laptop tersebut kalau sudah digunakan beberapa menit, akan sangat panas sekali di belahan casing bawahnya, yang ada di bawah fan prosesornya. Jika sudah panas menyerupai itu, maka laptop pun akan mati.

Ya sudah, menyerupai biasa sebelum saya mengerjakan servisan, saya lakukan uji coba dulu untuk memastikan bahwa problem menyerupai itu memang benar. Jangan hingga sudah dibongkar, ternyata masalahnya bukan mati-mati tapi problem lainnya. Ini akan mempersulit sanksi terhadap penyakit yang diderita oleh si laptop jikalau sebelumnya tidak saya pastikan terlebih dahulu.

Pengetesan saya lakukan dengan cara menghidupkannya, dan memakainya untuk banyak sekali aktifitas. Kebetulan hari itu saya ada kerja di lapangan (masalah jaringan internet), laptop pun saya tinggal di kantor daerah saya bekerja. Laptop saya biarkan hidup begitu saja, tapi sebelumnya saya setting biar tidak pernah sleep atau layar gelap. Saya ingin tahu apakah pas saya pulang nanti, laptop akan mati atau masih tetap hidup.

Pas saya pulang kerja, seingat saya laptop sudah mati. Kemudian saya nyalakan ternyata tidak bisa. Langsung deh saya hidupkan dengan menggunakan cas secara langsung. E.. ia mau hidup. Dan ternyata muncul pemberitahuan continue with system resume. Itu artinya laptop mati gara-gara lowbat. Ya sudah, saya hidupkan dengan cas, dan saya biarkan beberapa lama. Nah, sesudah saya keluar kerja dan kembali lagi, seingat saya laptop pun mati. Kali ini bukan lantaran lowbat lo ya, alasannya yakni saya colok adaptor kok.

Oke, saya coba hidupkan lagi. Tidak usang sesudah itu,  laptop pun eksklusif mati. Ya sudah, saya tanyakan ke teman saya yang sebelumnya disuruh mengecek laptop ini. Ternyata, sebelumnya ia pernah tes dengan menggunakan internetan dan eksklusif mati.

Di sini saya semakin yakin kalau problem pada laptop ini yakni terletak pada kipasnya. Sebab sebelumnya teman saya tersebut telah memberitahukan kepada saya kalau kipas laptop asus tersebut tidak berbunyi. Dan sesudah saya cek memang benar. Tidak ada suara putaran atau angin keluar dari lubang pembuangan angin pada laptop tersebut.


Ya sudah, kemarin sore laptop itu saya bawa pulang. Setelah malam, barulah saya lakukan pembongkaran terhadap asus X401U. Tapi maaf ya sahabat, kalau belum dapat membuatkan wacana cara bongkar laptop asus asus X401U ini. Soalnya hp saya kameranya hanya 1.3 MPX. Makara hasil jepretnya sama sekali tidak bagus. Apa lagi ini malam. Ya tambah lebih jelek hasilnya.

Jadi, ceritanya laptop pun berhasil saya bongkar. Alhamdulillah saya mendapat titik terang. Setelah kabel colokan fan prosesor saya goyang-goyang, fan pun mau berputar sesudah dilakukan pengetesan. Hanya saja, ada suara berisik di kipas laptop tersebut. Setelah saya teliti, ternyata ada stiker yang menyangkut di dalam kipas.

Ya sudah, saya hilangkan kertas stiker tersebut, dan saya lakukan pengetesan kembali. Kali ini, kipas laptop pun dapat berjalan normal. Kemudian saya bersihkan menggunakan kuas pada belahan dalam laptop tersebut termasuk mainboard, heatsink dan kipas. Setelah saya yakin bersih, saya lakukan pengetesan lagi. Alhamdulillah, kipas benar-benar dapat berputar stabil.

Semuanya saya pasang kembali, termasuk kabel-kabel dan hard disk yang saya copot. Casing pun saya tutup rapat, dan sesudah itu saya lakukan pengetesan kembali. Syukur Alhamdulillah, ternyata suara kipas yang berputar telah ada, dan angin yang keluar pada lubang pembuangan pun telah terasa. Sudah dilakukan pengetesan untuk bermain game dan internetan. Dan tidak ada problem mati-mati lagi. Berarti, misi kali ini sukses.

 saya hanya ingin sedikit bergagi goresan pena wacana keberhasilan saya  Berhasil Memperbaiki Laptop Asus X401U Yang Panas Langsung Mati
Hasil karenanya :)
Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan kepada Anda. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan ya sahabat. :)

Belum ada Komentar untuk "Berhasil Memperbaiki Laptop Asus X401u Yang Panas Eksklusif Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel