Ads Header

Otomatis Buka Full Screen Browser Sehabis Booting Raspberry Pi (Tutorial)

cara membuka otomatis browser fullscreen ketika reboot di raspberry - Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuka otomatis browser full screen di startup raspberry.


Biasanya untuk menghemat spesifikasi, raspberry memakai OS open source Linux, baik itu raspbian, debian, ubuntu, dan semua keturunannya. Saya akan mencoba setting browser semoga dapat terbuka secara otomatis dan eksklusif layar penuh melalui Terminal dari linux.

Oh iya, perlu diketahui juga, semoga tutorial yang akan saya bagikan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan, saya menyarankan semoga kau memakai browser chromium. Karena settingan yang akan saya ajari akan memerintahkan sistem untuk membuka sekaligus full screen chromium ketika startup atau tamat booting.

Berikut ini cara buka full screen browser di raspberry pi ketika startup dengan chromium.

Untuk mengatur apa saja yang akan dilakukan raspberry ketika startup, kita harus edit file autostart. Untuk memudahkan kau dalam mengakses file tersebut, berikut ini saya sudah menyiapkan script yang dapat kau ikuti.

1. Buka Terminal (CTRL+ALT+T)
2. Masuk dan edit file autostart. Caranya dengan memasukan perintah berikut di terminal.

sudo nano /home/pi/.config/lxsession/LXDE-pi/autostart

3. Tambah arahan berikut ini di dalam file autostart (dibawah/diatas terserah).

@xset s off
@xset -dpms
@xset s noblank
@chromium-browser --kiosk https://news-warepay.blogspot.com/  # menjalankan chromium sesudah booting dan eksklusif fullscreen

Keterangan: Silahkan ubah goresan pena berwarna merah dengan alamat situs yang ingin kau tampilkan dan fullscreen langsung.

Setelah itu, silahkan coba restart/reboot raspberry kamu. Berhasil kan?

Oke sekian artikel kali ini perihal cara otomatis buka layar penuh browser sesudah booting raspberry pi. Semoga bermanfaat! Terima Kasih!

Belum ada Komentar untuk "Otomatis Buka Full Screen Browser Sehabis Booting Raspberry Pi (Tutorial)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel