Ads Header

Penjelasan Dan Perbedaan Ram Dengan Rom

Pengertian dan perbedaan RAM dengan ROM - Hallo. Kembali lagi bersama blog TB yang senantiasa selalu memperlihatkan gosip serta tutorial internet dan teknologi. Pada artikel kali ini, aku akan membahas ihwal RAM dan ROM. Apa sih itu?
Istilah RAM dan ROM sudah tidak absurd lagi di indera pendengaran kita semua. ROM dan RAM ialah salah satu perangkat keras komputer.  ROM abreviasi dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semi konduktor yang isinya hanya sanggup dibaca.

Sedangkan RAM ( random access memory) ialah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya sanggup diakses dan di buka dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Selain berbeda dalam hal pengertian,  ROM dan RAM ini mempunyai banyak sekali perbedaan,  berikut ini ialah 3 perbedaan fundamental ROM dan RAM.

1. ROM tidak di sanggup di isi dan di tukisi data sewaktu - waktu ibarat RAM
Perbedaan fundamental yang pertama antara rom dan ram ialah rom tidak sanggup bila di isi atau di tukisi data secara langsung.  Rom hanya sanggup di isi oleh pabrik pembuatan.  Walaupun sanggup melaksanakan penyimpanan data niscaya memerlukan waktu yang usang dan tidak se fleksibel ram yang sanggup di isi data dan di tukisi sewaktu-waktu. 

ROM biasanya di gunakan untuk menyimpan firmware,  yaitu perangkat lunak yang bekerjasama sengan perangkat keras.  Contohnya ialah ROM BIOS , ROM BIOS berisi aktivitas dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer ketika komputer ‘dinyalakan/dihidupkan’.

2. Data ROM lebih kekal dan permanen sifat nya di bandingkan RAM
Hal-hal ibarat informasi,  data,  serta aktivitas yang terdapat pada rom biasanya bersifat permanen dan tidak gampang hilang atau berubah walau komputer di matikan dan dalam keadaan off.  Sedangkan RAM semua data,  gosip dan juga aktivitas yang ada di dalamnya bersifat sementara dan sanggup hilang dengan sendirinya bila kondisi komputer mati atau dalam keadaan Off. 

3. ROM tidak membutuhkan daya dalam menyimpan data
Rom sanggup menyimpan data tanpa adanya daya atau sanggup di bilang tidak membutuhkan daya.  Oleh alasannya ialah itukah data yang di simpan dalam rom tidak akan hilang walau komputer mati,  berbeda dengan Ram yang membutuhkan daya semoga sanggup menyimpan data.  Hal ini juga lah yang akan menjadikan data pada ram akan hilang bila komputer mati. 


Itulah pengertian dan 3 perbedaan fundamental pada ram dan rom. Semoga gosip ini bermanfaat dan sanggup membuka wawasaan kalian semua. Terima kasih.  

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Dan Perbedaan Ram Dengan Rom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel