Ads Header

Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux, Mana Yang Bagus?


Perbedaan OS windows dengan linux – Komputer memanglah suda menjadi bab dari hidup insan sehari – hari. Komputer telah membantu banyak pekerjaan manusia. Berkat alat yang awalnya dipakai untuk perang dunia 2 ini, insan mengalami revolusi yang amat sangat pesat. 

Seiring perkembangannya, komputer mulai mempunyai sistem operasi yang bertujuan semoga sanggup hidup berdampingan dengan penggunanya. Apa sih kegunaan system operasi komputer?
Komputer tanpa system operasi bagaikan kendaraan beroda empat tanpa mesin. Sistem operasi memungkinkan komputer untuk berjalan sesuai perintah. Sistem operasi atau OS ini berbentuk software. Maka OS ini sangat penting sebagai bab dari komputer.

Ada beberapa sistem operasi pada komputer, salah satunya ialah sistem operasi windows dan linux. Windows sendiri merupakan sistem operasi tertutup yang berarti jikalau kita ingin menggunakannya, kita harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuat. Sedangkan linux merupakan sistem operasi terbuka yang berarti sistem ini gratis dan sanggup dikembangkan dengan siapa saja. Apa saja perbedaan fundamental lainnya antara windows dengan linux?

Baca Juga: Sejarah & Perkembangan Sistem Operasi Komputer

Berikut ini beberapa perbedaan fundamental mengenai system operasi windows dengan linux yang TB berikan pada kesempatan kali ini.

Beberapa Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux

1. Tampilan


Untuk tampilan pada linux sebetulnya hampir sama dengan tampilan yang ada di windows, hanya saja tampilan pada linux ini lebih sedikit monoton dan tidak bervariasi sehingga terlihat tidak terlalu menarik.

Sedangkan pada windows, tampilan yang ada sanggup dibilang lebih keren dan bervariasi dibandingkan dengan linux. Hal ini mungkin dikarenakan sistem operasi yang komersial dari windows menyebabkan windows lebih variatif, dan sanggup di ganti sesuai kemauan Anda.

2. Ketahanan
Pada segi ketahanan, linux sudah populer tahan akan adanya virus tapi bukan berarti linux ini tidak sanggup terkena virus. Melainkan pada linux ini virus tidak sanggup berkembang menyerupai halnya virus yang ada pada windows.

Berlainan dengan linux, windows ini lebih rentan terhadap adanya virus baik dari internet, jaringan, penyimpanan, maupun aplikasi. Virus pada windows ini cenderung gampang berkembang alasannya ialah sifat komersialnya dan rentan terhadap hacker.

3. Penggunaan
Dalam segi penggunaannya, sistem operasi linux ini sering dipakai sebagai sistem direktur alasannya ialah linux ini tahan terhadap adanya virus, dan juga source code linux sanggup dengan gampang di ubah-ubah dan di tambah. Biasanya dipakai oleh developer web/aplikasi, dan programmer.

Sedangkan pada windows penggunaannya sering di gunakan oleh para pelajar atau pekerja kantoran untuk menciptakan laporan. Hal ini dikarenakan pada windows terdapat adanya interface dimana dalam pengoperasian nya sangat mudah.

Beberapa perbedaan diatas sebetulnya hanya sebagian kecil dari perbedaan yang ada mengenai windows dan linux. Masalah lebih anggun atau tidak itu tergantung dari kebutuhan dan pemakaiannya, alasannya ialah masing-masing sistem mempunyai kelebihan dan kekurangan nya.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang memakai windows, alasannya ialah system operasi memang diperuntukan untuk pelajar dan pekerja kantoran biasa. Jika kau seorang programmer, hacker, apps maker, atau yang lainnya, maka linux ialah sistem operasi yang pas kau gunakan.

Demikianlah artikel mengenai beberapa perbedaan sistemoperasi windows dan linux, semoga artikel inidapat bermanfaat untuk Anda. Juga sanggup menambah isu mengenai sistem operasi windows dan linux dan yang ada.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Sistem Operasi Windows Dan Linux, Mana Yang Bagus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel