Ads Header

Pengertian, Kegunaan, Dan Laba Memakai Domain

Hai Bloggers... Saya akan menjelaskan perihal domain,
https://www.1and1.co.uk/digitalguide/domains/domain-extensions/alternatives-to-the-com-domain/
Bagi Anda yang bergabung dalam dunia online yaitu para pengguna website, dan para bloggers. Tentu harus mengetahui apa itu domain, dan apa fungsi domain. Karena domain ini memegang peranan penting untuk para pengguna internet.


Pengertian Domain

Apa itu domain? Domain yaitu sebuah nama yang akan dipakai oleh para pengguna internet untuk mengakses info tertentu pada sebuah server komputer dengan memakai jaringan internet.

Ketika Anda akan mengakses sebuah info di internet maka Anda akan diminta untuk mengakses alamat IP atau IP Address, alamat ini berupa sederetan angka yang cukup panjang. Karena tidak semua orang sanggup mengingat angka dengan baik, maka itu dibuatlah sebuah domain untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengakses info yang diinginkan. Sebagai teladan yaitu www.google.com, yaitu mana sebuah domain, sedangkan IP Address yaitu 66.97.145.109. Kaprikornus dikala Anda hendak mengakses sebuah info maka Anda tidak perlu berkutit dengan IP address, alasannya hanya dengan mengetikkan nama domain, maka info yang diinginkan akan muncul.

Domain sendiri terbagi menjadi 2 bab atau lebih. Maksudnya yaitu pada bab kiri kata sebelum titik disebut dengan label, sedangkan sebelah kanan sehabis titik disebut dengan TLD atau Top Level Domain. Sebagai teladan google.com, maka kata “google” yaitu sebuah label, sedangkan kata “com” yaitu sebuah TLD. Ada juga yang disebut sebagai sub domain, sebagai teladan yaitu mail.google.com, maka kata “mail” disebut dengan sub domain. Sebuah domain sanggup mempunyai lebih dari 1 IP address dengan cara menambahkan sub domain.

Jadi, diatas kita sudah tau mengenai pengertian domain kemudian apa kegunaan domain tersebut?

Kegunaan Domain

Kegunaan domain yaitu untuk mempermudah pengguna masuk ke dalam sebuah alamat di internet untuk mendapat info tertentu. Seperti Anda ketahui bahwa domain terdiri dari 3 macam, yaitu:

1. Label
Label atau sanggup disebut juga dengan brand atau brand sebuah situs yang berfungsi untuk mempermudah pengguna mengakses sebuah situs hanya melalui nama situs tanpa harus mengakses suatu IP Situs tersebut. Sebagai teladan yaitu www.google.com, dimana kata “google” bertindak sebagai sebuah label atau brand, untuk mempermudah setiap pengguna mengakses info dari daerah tersebut.

2. TLD
TLD akronim dari Top Level Domain merupakan sebuah ekstensi atau identitas sebuah situs online yang berada pada akhiran kata sebuah situs. Pada umumnya
  • TLD  ini juga terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu country code top level domain yaitu sebuah aba-aba negara menyerupai .id, .us, .ca, .ru, dll. Ada juga yang disebut sebagai generic top level domains menyerupai .com, .mil, .net, dll.
  • Second level domain ini yaitu kata lain dari label pada level domain
  • Lower level domain ini posisinya berada di sebelah kiri label, namun hal ini sangat jarang terjadi.

TLD sendiri mempunyai fungsinya masing-masing, seperti:
  • .com dipakai untuk kepentingan komersial, alasannya memang kata com ini diambil darikata “comercial”.
  • .net biasanya dipakai untuk kepentingan jaringan.
  • .gov biasanya dipakai untuk kepentingan pemerintahan.
  • .edu biasanya dipakai untuk kepentingan pendidikan.
  • .org bisanya dipakai untuk kepentingan organisasi.

3. Sub Domain
Sub domain yaitu nama selain nama untuk label. Hal-hal menyerupai ini akan Anda dapatkan dikala menciptakan sebuah blog, dimana dikala Anda menciptakan sebuah blog maka yang akan tampil yaitu nama yang Anda buat nama blog dan daerah blog tersebut dibuat, sebagai teladan adalah, namasubdomain.blogspot.com.

Jika diteliti lebih lanjut domain yaitu sebuah nama untuk sanggup mempermudah pengguna atau siapa saja yang ingin mengakses infomasi yang ada pada web tersebut. Untuk nama domain tersebut tidak ada hukum yang pasti, Anda sanggup memakai abjad besar atau Anda sanggup memakai abjad kecil. Namun yang terang yaitu sebuah domain yang unik tentunya akan menciptakan orang ingat dengan gampang dan tertarik untuk mengunjungi daerah tersebut.


Keuntungan mempunyai Domain

  • Dapat memakai domain berbayar dengan bebas dan tanpa batasan, sebaliknya jikalau memakai domain gratis maka anda akan dibatasi biar tidak memakai domain tersebut secara komersil. Jika melanggar ketentuan pastinya domain akan dihapus dari pihak penyedia domain tersebut.
  • Dapat memakai email dan menciptakan email secara bebas.
  • Nama domain berbayar tidak terlalu panjang sehingga gampang untuk diingat, sedangkan untuk domain gratisan memakai sub domain level 3 sehingga nama domain akan sangat panjang yang akan menciptakan nama domain tidak menarik.
  • Memiliki storage yang lebih besar dibandingkan dengan domain gratis. Domain berbayar memakai top level domain yang sangat besar lengan berkuasa terhadap kualitas.
  • Domain berbayar mempunyai fitur yang lengkap sehingga anda sanggup memakai fitur tersebut untuk mengelola website. Sedangkan untuk domain gratis tidak mempunyai banyak fitur.
  • Menggunakan domain berbayar terlihat profesional alasannya anda memakai modal untuk membangun sebuah website.
  • Tidak akan terjadi abolisi domain secara sepihak dari penyedia domain, alasannya domain berbayar akan berlaku hingga masa aktif domain tersebut masih aktif. Jika masa aktif domain habis maka akan mendapat notifikasi dari pihak penyedia domain untuk melaksanakan perpanjangan.
  • Mendapatkan pinjaman dari pihak penyedia domain dikala mengalami permasalahan seputar domain.

Cukup sekian dulu mengenai ulasan pengertian domain dan kegunaan domain. Semoga info diatas sanggup membantu Anda. silahkan follow jikalau anda ingin mendapat info gres dari blog ini dan jangan lupa comment untuk memberi saran!! terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Kegunaan, Dan Laba Memakai Domain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel