Ads Header

Google Hapus Layanan Penyingkat Url (Goo.Gl)


Google menutup layanan shorten url web – Siapa yang tak kenal google? Raksasa internet nomor 1 di dunia yaitu salah satu situs web dengan banyak layanan. Sejatinya, google adalah situs mesin pencari (search engine) untuk mencari beberapa artikel yang ada di internet. Namun semenjak awal didirikannya situs ini hingga sekarang, google sudah mempunyai berbagai layanan dan produk.
Salah satu layanan google yang cukup terkenal yaitu shorten url goo.gl. Apa itu?

Goo.gl merupakan layanan penyingkat alamat situs web oleh google. Bila kita mempunyai suatu alamat situs web yang panjang, maka kita sanggup memasukannya ke goo.gl untuk diringkas dan alamat web hanya akan menjadi goo.gl/(kode) saja.

Layanan penyingkat url dari google ini sudah dibentuk semenjak tahun 2009 dan akan ditutup di tahun 2018 ini. Apa alasan google menutup layanan penyingkat laman web ini?

Ternyata google telah menciptakan layanan penyingkat url gres pengganti goo.gl. Ialah Firebase Dynamic Links (FDL). Tentunya niscaya ada alasan google mengganti layanan penyingkat url ini. FDL dikenal lebih canggih serta sanggup mendeteksi  platform dinamis dan tautan/link yang bertahan dari proses pemasangan aplikasi.


“Untuk memfokuskan kembali upaya kami, kami menolak derma untuk goo.gl selama beberapa ahad mendatang dan menggantinya dengan Firebase Dynamic Links (FDL). FDL yaitu URL arif yang memungkinkan Anda mengirim pengguna yang ada dan potensial ke lokasi mana pun dalam aplikasi iOS, Android, atau web. Kami bahagia untuk tumbuh dan meningkatkan produk ke depan. Meskipun sebagian besar fitur goo.gl kesudahannya akan terbenam, semua tautan yang ada akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksud .” Jelas developer di google blog.

Bagaimana link yang telah didaftarkan di goo.gl? Apakah harus dimigrasi atau dibiarkan saja?
Untuk kini layanan ini masih berfungsi namun mulai tanggal 13 April 2018 layanan untuk konsumen link ini sudah tidak berfungsi alias tidak aka nada lagi goo.gl.

Maka kepada semua pengembang atau penyingkat url, diperlukan semoga memulai API FDL. Nantinya link yang sudah disingkat akan secara otomatis mendeteksi platform dan akan tetap mengirim pengguna atau orang yang klik link tersebut tetap terarah ke web atau aplikasi kamu.

“Jika Anda sudah menghubungi URL Shortener API untuk mengelola tautan pendek goo.gl, Anda sanggup terus menggunakannya untuk jangka waktu satu tahun, hingga 30 Maret 2019, saat kami akan menghentikan API.”
“..semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksud sehabis tanggal 30 Maret 2019 . tetapi, tautan pendek yang ada tidak akan dimigrasikan ke Firebase console / API.”
Begitulah ujar sang developer.

Itulah sedikit warta ihwal update layanan gres google. Semoga artikel pendek kali ini bermanfaat. Terima Kasih!

Sumber warta terbaru: https://news-warepay.blogspot.com//search?q=google-hapus-layanan-penyingkat-url

Belum ada Komentar untuk "Google Hapus Layanan Penyingkat Url (Goo.Gl)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel