Ads Header

Apa Itu Webmaster? Bagaimana Cara Kerjanya?

Hai bloggers...
Setelah blogger menciptakan postingan blognya, biasanya mereka akan mengunjungi Webmaster. Mengapa mereka mengunjungi Webmaster? Apa kegunaannya? Haruskah Webmaster? Apa hubungannya dengan blog? Bagi yang belum mengetahuinya akan menanyakan pertanyaan menyerupai itu.
Saya akan menjelaskan perihal Webmaster. Sebelum aku menjelaskan kepada anda, aku ingin menjelaskan sedikit perihal Search Engine, alasannya yakni ada hubungannya dengan apa yang akan aku bahas nanti. Pastinya anda sudah tahu apa itu search engine. Search Engine yakni sebuah sistem software yang di desain untuk mencari banyak sekali informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan, yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan.
Search engine yang terkenal ketika ini ialah Google, banyak orang yang menentukan google untuk mencari artikel, informasi atau berita. Dan google menjadi search engine pilihan bagi sebagian besar blogger di dunia. Google mempunyai webmasternya sendiri. Namun dari info yang aku sanggup ada beberapa Search Engine yang bergabung Webmasternya, menyerupai Yahoo dan Bing. Selain Google banyak search engine lain yang digunakan, menyerupai Bing, Yahoo, Ask.com, dan banyak lagi. Masing-masing search engine juga mempunyai Webmaster.
Makara disini aku hanya membahas perihal webmasternya Google yaitu Google Webmaster Tools. Jika sudah paham apa itu search engine, mari kita lanjutkan ke topik utama.

Apa Itu Webmaster?

Menurut sumber yang aku baca, Webmaster yakni seperangkat alat digital yang disediakan untuk membantu Anda melihat apa yang terjadi pada website Anda.
Jika blog atau situs anda didaftarkan ke webmaster, maka blog anda juga akan muncul pada search engine.
Fungsi dari Webmaster yaitu:
  • Membuat blog anda biar berada pada sebuah search engine.
  • Mengatur trafik dan indexing blog.
  • Memantau aktifitas visitor, dan perkembangan blog.
Jadi, Webmaster akan membantu dalam mengelola blog anda, kalau anda ingin melihat page views, impression, dan berapa kali postingan anda diklik, anda sanggup melihatnya di webmaster.

Bagaimana Cara kerjanya?

Pertama, buka Webmasternya kalau google itu namanya Google Webmaster. Setelah anda masuk, tinggal tekan goresan pena Search Console, kalau anda mengunjungi Webmaster lain Seperti Bing, anda sanggup pribadi mengatur, dan memantau acara blog anda. Banyak fitur yang sanggup anda temukan disana dan yang perlu anda gunakan dari beberapa fitur tersebut untuk indexing blog anda yaitu Sitemap ,dan Fetch as Google, kedua fitur ini mempunyai fungsi masing-masing.
Untuk fitur Sitemap mempunyai kegunaan untuk menawarkan peta situs, atau arsip postingan anda ke Google, biar mempercepat proses indexing. Selanjutnya, fitur Fetch as Google, Fitur ini mempunyai kegunaan untuk postingan blog anda biar Google sanggup merayapi setiap Postingan pada blog anda.
Jadi, webmaster juga berperan penting bagi blog anda. Selain dua fitur tadi, juga mempunyai kegunaan untuk melihat trafik blog anda. Dan banyak lagi kegunaan fitur yang ada pada webmaster.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, tunggu update selanjutnya. Saya akan membahas perihal fitur webmaster lainnya. Terima kasih... Semoga artikel ini bermanfaat, mungkin nantinya aku akan menambahkan sedikit lagi. Silahkan follow biar anda sanggup mengetahui update terbaru serta tinggalkan masukan atau saran dikomentar kau dan jangan lupa untuk share untuk mendukung blog ini supaya sanggup berkembang. Assalamualaikum^_^

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Webmaster? Bagaimana Cara Kerjanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel